Selasa, 20 Maret 2012

Selalu Memukau

Alhamdulillah

Saat-saat memukau Devieta kembali bisa kita nikmati ya.

Pagi ini, ibu menikmati kesendirian di kamar mandi setelah tertidur nyenyak sambil mengirimkan beberapa pesan untuk memastikan upaya advokasi sekolah aman melalui program GERA SHIAGA masuk dalam pointers BNPB yang sedang disusun Zamzam.

Kemarin cerita panjang lebar mengenai upaya PRB yang dilaksanakan bersama sahabat-sahabat KerLiP didepan Ina, peneliti S2 dari Untar. Ina menggali lebih jauh mulai dari rintisan Gerakan Keluarga Peduli Pendidikan sampai munculnya GERA SHIAGA.

Alhamdulillah, ujung-ujungnya, Ina siap membantu knowledge management Litbang KerLiP dan siap bergabung selasa malam untuk menyiapkan workplan GERA SHIAGA di masjid-masjid.

Sebelumnya, Ibu, Tyas, Oka, dan Fitry berbagi pengetahuan mengenai Konsep dan Praktek GERA SHIAGA yuk! Mulai dari Gerakan KerLiP di rumah, sekolah/madrasah/lainnya, rumah ibadat, kebijakan, pelayanan publik, media dan dunia usaha. Ide GERA SHIAGA yuk! Muncul sebagai bentulk apresiasi terhadap praktek-praktek baik yang digali saat menyusun Panduan Umum Pendidikan Ramah Anak bersama K/L/D/I lengkap dengan perkembangan potensi anak-anak GSB MSA SMP11 yang luar biasa dalam dampingan Ibu Nia, Pak Agus dan guru-guru mereka didukung manajemen berbasis sekolah yang peduli anak dalam pimpingan Pak Asep.

Ide besarnya adalah sebesar-besar manfaat agar 75% sekolah/madrasah lebih aman, peduli lingkungan dan lebih sehat
Bagi 44 juta anak Indonesia dengan menjadikan anak, remaja, kawula muda mitra dalam penerapan sekolah aman melalui GERA SHIAGA.

Bagaimana dengan strukturnya? Sinkronisasi kebijakan, peningkatan partisipasi publik termasuk anak, pelembagaan aktivitas anak dan keluarga di sekolah dalam upaya Pengurangan Risiko Bencana menjadi metode terpilih. Beberapa aktivitas sebelum Gladi GERA SHIAGA menjadi penting dilakukan. Mulai dengan Kordinasi K/L/D/I, roadshow GERA SHIAGA ke sekolah/madrasah, sosialisasi melalui jejaring sosial, pembuatan materi KIE. Dana hibah kecil untuk mendukung rencana aksi GERA SHIAGA di sekolah/madrasah yang terjangkau dalam roadshow akan digalang melalui sponsorship berkelanjutan.

Pengumpulan foto kelas rusak berat, lomba foto essay dan lomba menulis artikel "GERA SHIAGA" diharapkan dapat meningkatkan efektivitas partisipasi anak dan keluarga.

Tyas mempresentasikan rencana kegiatan Roadshow GERA SHIAGA yang akan dimulai di SDN Coblong 4 tanggal 24 Maret 2012. Ada banyak hal menarik yang kita bahas sebelum Udin dan Dimas dari ISMAKES bergabung.

Kafe Ilmu KerLiP minggu ini luar biasa. Tyas menjelaskan konsep dan rencana aksi GERA SHIAGA kepada Udin dan Dimas. Berlanjut dengan pengalaman Udin dan Dimas membangun ISMAKES Jabar atas permintaan Oka dengan impian GMB nya.

Alhamdulillah, kita menyepakati untuk memperkuat kerjasama BEM STKS, ISMAKES Jabar dan KerLiP dalam merintis Gerakan Mahasiswa Bersatu. GMB ini akan dilaunching pada Hari Keluarga Nasional tanggal 28 Juni 2012. Praktik adopsi pemeliharaan pohon di pinggir jalan sepanjang jalan anak-anak menuju sekolah, promosi kesehatan, keselamatan dan keamanan di sekolah/madrasah, dan kegiatan-kegiatan lainnya termasuk untuk kader-kader posyandu dan rumah-rumah ibadat menjadi pilihan kegiatan menarik yang akan diusung GMB.
Bahkan Tyas, Oka, Udin dan Dimas sepakat berbagi pengetahuan dan keterampilan di wilayah dampingan masing-masing.

Alhamdulillah, setiap saat memukau bagi KerLiPers ya. Apalagi saat Zamzam dan Dede kembali membawa materi KIE GERA SHIAGA yang didesain dan dicetak Mas Koyak. Lengkap sudah impian kita untuk mewujudkan GERA SHIAGA Indonesia.

Siomay lezat dari simpang jadi menu sarapan kita. Menu penutup main ular tangga pendidikan ramah anak yang dicetak Kementerian Pemberdaya Perempuan dan Perlindungan Anak. Tyas, Oka, Teh Dewi, Icha menyemarakkan ruang publik di teras Rumah KerLiP sampai malam.

Beberapa materi KIE GERA SHIAGA disiapkan untuk pameran di acara internal Setditjendikdas di Horison Bandung. Tyas dan Oka membuka stand khusus GERA SHIAGA disana. Kita sepakat untuk buka stand dan jual merchandiser GERA SHIAGA setiap kumpul di Kafe Ilmu KerLiP. Oh ya, kita juga sempat merencanakan recommitment untuk terus saling belajar dan jadikan Kafe Ilmu KerLiP wahana belajar bersama.

Ibu, Zamzam dan Dede berangkat ke Jakarta dengan harapan baru untuk usung GERA SHIAGA Indonesia dalam FGD finalisasi Pedoman Penerapan Sekolah Aman dari Bencana. Insya Allah
GERA SHIAGA YUK!

Tidak ada komentar: