Selasa, 20 Maret 2012

FGD Finalisasi Pedoman Penerapan Sekolah Aman dari Bencana

Pagi ini kembali menikmati sarapan khas di Hotel Milennium bersama Dede dan Zamzam, menunggu FGD Finalisasi Pedoman Sekolah Aman dari Bencana dimulai.

Materi display GERA SHIAGA yuk! sudah dibawa ke ruangan tempat FGD dilaksanakan. Ada Cahyo, Novi, dan Pak Anas. Rupanya pointers sambutan yg disusun Zamzam sudah diprint. Namun ternyata, Mas Lilik yang membuka acara.

Bahan presentasi GERA SHIAGA yuk! yang disusun Mas Koyak kembali memukau banyak orang. Materi-materi KIE GERA SHIAGA yuk! pun dimasukkan kedalam kit peserta FGD.

Alhamdulillah, akhirnya bahan presentasi GERA SHIAGA yuk! Lengkap dg pernak-perniknya dipresentasikan dlm pembukaan FGD tersebut. Sambutan dari Bu Ida sangat membesarkan hati saat mendengar kritikan Zamzam karena tidak mengupas draft isi Pedoman yg sudah disusun.

Memang sengaja, sudah saatnya mendorong upaya kampanye dan advokasi khas Perkumpulan KerLiP yang merajut impian banyak pihak yang sudah diinisiasi sebelumnya dg penerapan Sekolah Aman.

Peserta FGD yg sangat terbatas tidak menyurutkan kami untuk merevisi ketiga bagian Pedoman. Adalah Esti, dr PBL KemPU yg sangat menguasai isi yg terkait Ke-PU-an yg membantu kelompok 1 menataulang outline dan maksud Pedoman tersebut.

Alhamdulillah Ruby dr GFDRR, Esti KemPU, Novy, Pak Budi dr BPPT, Bu Ida dengan kekhasannya, dan Susi staf ahli kemenag siap membantu merev isi agar Pedoman Penerapan Sekolah Aman melalui (GERA SHIAGA Indonesia) di sekolah/madrasah siap diluncurkan 26 Maret 2012.

Instrumen Monev akan segera disiapkan setelah Pedoman ini di Perka-kan. Ruby lah yang mengingatkan agar Pedoman ini mengikuti sistematika Perka BNPB.

Bagaimana dengan kelompok 3?
Alhamdulillah Dede mempresentasikan hasilnya dengan baik dilengkapi catatan kritis dari Amin Plan yg membuatku berpikir ulang untuk mendorong istilah GERA SHIAGA Indonesia dicantumkan dalam judul.

Zamzam sempat mengingatkan soal motivasi. Rupanya masih diperlukan perjalanan panjang untuk membangun trust antara aku dan Zamzam terkait motivasi GERA SHIAGA dikedepankan.
Buatku upaya ini adalah bentuk apresiasi bagi Mas Koyak dan Zamzam juga Dede, Tyas, Oka, Taufik dan sahabat-sahabat KerLiP lainnya yang terlah dan selalu bersemangat mempersiapkan GERA SHIAGA yuk! Dengan berbagai materi pendukungnya.

Terima kasih untuk Zamzam yg sudah mengingatkan dalam posisinya sebagai pengampu program GERA SHIAGA yuk! Peristiwa kecil ini mengingatkan pada saat mencoba mendorong kontrak tertulis yg menjunjung tinggi prinsip tumbuh bersama di MI Asih Putera lalu di Hikmah Teladan.

Sudah bisa ditebak ujungnya selalu meyakinkan diri untuk tetap bekerja demi kepentingan terbaik anak dengan segala kekhasan yg Allah karuniakan kepada hamba Nya yg dhaif ini.

Mudah-mudahan prinsip ini selalu hidup dalam setiap gerak, ucap, laku lampah keseharianku dalam mengembang amanah gerakan kenabian yg penuh liku-liku.

Insya Allah
GERA SHIAGA YUK!

Tidak ada komentar: