Senin, 05 Maret 2012

Pendampingan ke Guru BK SMPN 11 Bandung_Narasi 2 Mega @KerLiP

Tanggal 4 Maret 2012 ketika di kafe ilmu, bu yanti serta ka dede menunjuk saya dan ayu untuk melakukan pendampingan perdana ke guru BK SMPN 11 Bandung. Saya dan ayu pun sempat berfikir apakah saya bisa melakukannya karena pendampingan ke guru bk bukan lah hal yang mudah. Saya pun menarik nafas dan meyakinkan diri saya bahwa saya bisa, terlepas dari pikiran saya dapat melakukannya atau tidak. Sebelum saya dan ayu kembali ke kos kami masing-masing, kami ke kanayakan dulu untuk menyiapkan peralatan untuk pendampingan besok.

Sesampainya di kos, saya melanjutkan mengerjakan tugas kuliah untuk presentasi pada hari senin. Saya tidak mengerjakan sendiri karena itu adalah tugas kelompok. Ketika mengerjakan tugas, sms datang dari ketua kelas dan memberi tahu bahwa hari senin ada penambahan jam kuliah, seharusnya kuliah pulang jam 09.30 ini menjadi jam 12.00, sempat sih galau (kata-kata anak gaul kalo dilema) tapi saya langsung memutuskan untuk mengabari ka dede serta bu yanti tentang kegalauan saya dan alhamdulillah mereka mengerti. Malamnya ka dede memberi tau saya kalo ka regi siap untuk ke smpn 11, saya pun lega karna ka regi bisa pergi bersama ayu. Senin pagi ayu memberi tau saya bahwa ia tidak bisa ikut ke smpn 11 karna ada urusan lain.

Allah berkehendak lain, dosen saya membatalkan kuliah pada jam 09.30 saya pun langsung di sms oleh ka regi bahwa beliau siap ke smpn 11. Saya pun langsung ke kanayakan dan akhirnya pergi ke smpn 11 bersama ka regi. Sesampainya di smpn 11 saya dan ka regi menuju ruang guru BK dan bertemu. Ka regi menjelaskan tujuan kedatangan kami dan memberi arahan dalam pembuatan dream board "hebat" tanpa pikir panjang, semua guru guru BK langsung membuat dream board dan mereka memberi kan penjelasan tentang gambar gambar yang mereka gunting. Sebuah dream board berhasil mereka ciptakan dan ini lah hasilnya





Bermakna, rame, fenimim penuh dengan warna itulah kesan yang ditimbulkan dari dream board yang dihasilkan guru guru BK. Mereka bekerja sama untuk menyusun apa saja yang mereka cita - citakan dan apa harapan mereka tentang hebat. Penuh dengan bunga bunga, ya mungkin karna semua guru bk itu semuanya wanita hehehe tapi dengan gambar gambar bunga itu semakin menghiasi dream board itu :D . Berbagai gambar ditempelkan, dan saling memilki keterkaitan yang pada akhirnya nanti, kelak mereka mengharapkan anak anak dapat mencapai semua mimpi mereka dan terbebas dari narkoba serta seks bebas agar anak anak mampu memiliki masa depan yang cemerlang.

Selesai membuat dreamboard saya, ka regi dan tentunya guru guru BK menempelkan dream board di ruangan guru guru BK agar dream board tersebut dapat selalu dibaca dan dapat diterapkan dalam proses belajar yang pada akhirnya apa yang di cita cita kan guru bk tercapai.

Waktu memang cepat dan pada akhirnya saya dan ka regi selesai dengan tugas kami. Walaupun hanya kurang lebih satu jam pertemuan dengan guru BK saya merasa puas dan bangga sekali dengan keberadaan guru guru tersebut. Mereka begitu antusias dalam melaksanakan tugas mereka dan mereka pun semangat sekali dalam membimbing para siswa untuk mencapai masa depan mereka yang indah. Guru BK memang memiliki peranan penting dalam proses tumbuh kembang anak di sekolah. Mereka mengarahkan kemampuan anak, dan menjembatani anak dalam penggapaian kesuksesan anak. Selain itu mereka juga selalu membantu anak yang memiliki masalah masalah agar anak mampu menyelesaikan masalahnya dengan pilihannya sendiri.

Diharapkan dreamboard tersebut dapat selalu memotivasi ibu ibu guru bk dalam memberikan pendidikan melalui program hebat. Dan diharapkan pula, agar anak anak mampu untuk selalu belajar dan menemukan masa depan mereka yang cemerlang. Maju terus pendidikan Indonesia ! :D

Anisa Megawati

Tidak ada komentar:

Page Rank Check,
HTML Web Counter