Minggu, 26 Februari 2012

Narasi Mega@KerLiP

Mega Kerlip – Pelatihan Sesi Dua

Assalamualaikuum Wr. Wb

Kerlip "MEMUKAU" saya rasa itu merupakan sebuah kata yang dapat mewakili perasaan saya setelah bergabung dengan kerlip (walaupun belum lama) tapi rasanya sudah memberikan impact bagi kehidupan saya. ini lah tulisan pertama saya, ya seharusnya sih saya sudah memulai menulis minggu lalu (seperti niar dan devita) tapi ada kendala yang tidak memungkin saya untuk mulai menulis. baiklaah "tidak ada kata terlambat bagi kerlip" kata bu yanti terus mendorong saya untuk bisa menulis dalam keadaan apapun. Pada kafe ilmu tanggal 26 Februari 2012 bu yanti kembali menceritakan berbagai program serta pengalaman terbarunya di kerlip, saya dan devita yang datang lebih awal mendengarkan dengan serius cerita bu yanti. Setelah bu yanti membagikan pengalamannya kepada saya dan devita, ia kembali menyampaikan dorongannya kepada saya untuk menulis dan itu menggugah hati saya untuk mencobanya.

Pada pelatihan kerlip sesi satu yang jatuh pada tanggal 18 Februari 2012 saya berhalangan hadir karena ada masalah dengan kesehatan saya. Akhirnya ilmu yang diberikan pada hari itu tidak dapat saya dapatkan. Menurut pengalaman teman teman yang mengikuti pelatihan kerlip pada hari itu, ilmu yang diberikan oleh Ka Zam Zam dkk adalah Analisa Situasi dan Stakeholder, materi tersebut berhasil membuat saya penasaran dan ingin mengetahuinya, sebenarnya hal apa saja yang ada pada materi itu.

Seminggu pun berlalu dan pelatihan kerlip sesi dua pun datang. Alhamdulillah senangnya bisa hadir pada hari itu :D Saya mulai masuk ke ruangan begitu juga dengan yang lainnya. Acara pun di mulai, pada awal acara kami di perkenalkan dengan sosok Bu Nia, orang yang sering diceritakan bu yanti, saya senang bisa berkenalan dengan dirinya. Bu nia menjelaskan aktivitasnya sebagai guru IPA Terpadu di SMPN 11 Bandung serta kegiatannya di kerlip. selain itu ia juga menceritakan bagaimana awalnya ia bisa bergabung dengan kerlip sampai hari ini ia bisa membagikan pengalamannya kepada kami semua. Ya setelah bu nia memperkenalkan dirinya, ia memutarkan video tentang Presentasi MDGs mengenai Indonesia Baru serta memutarkan video tentang orang orang inspiratif yang berhasil memberikan perubahan. Setelah berhasil membuat saya terkagum, bu nia menyuruh kami membuat mahkota mimpi. dimana di puncak mahkota yang paling atas dituliskan 3 hal terbaik yang pernah dilakukan serta dibagian bawah ditulis mimpi apa yang kita ingin raih. saya dkk mempresentasikan mahkota mimpi kami masing masing dan saya berhasil menemukan mimpi yang saya ingin fokuskan.

Sukses dengan mahkota mimpi kami masing masing, bu nia kembali memutarkan video, kali ini video itu berisi tentang sosok inspiratif yaitu Amilia Agustin seorang anak yang mampu memberikan perubahan bagi sekolahnya di SMPN 11 Bandung, ia membiasakan seluruh warga sekolahnya untuk memanfaatkan sampah sehingga menjadi berkah, kemudian ia memperlihatkan kepada kami sebuah buku karyanya. dan ia memberi tahu, hal apa saja yang membuat dia berhasil membuat perubahan. Masih ada hal hebat lain yang saya dapatkan, kami dibimbing bu nia untuk membua vision board (passion+isu sosial=ide sosial). awal pembuatan vision board dimulai haal kecil seperti minat dan skill kemudian dilanjutkan dengan isu sosial di masyarakat dan sasaran serta diakhiri dengan ide sosial. saya, ratu dan ajima menuliskan semua minat dan skill kami, lalu terlintas untuk membahas sekolah sehat dengan gerakan 3M. Semua orang jelas mengetahui gerakan 3M (menutup, menguras, mengubur) untuk memberantas wabah demam berdarah, tetapi gerakan ini masih sulit untuk dibiasakan di lingkungan sekolah. diharapkan dengan adanya gerakan 3M ini, anak tidak hanya tahu mengenai gerakan 3M tetapi juga mampu menerapkannya.

Dari semua aktivitas yang kami lakukan pada hari itu, ternyata memiliki makna yaitu 3C (champion,connection, change) yang diusahakan agar mampu memiliki social impact . ya akhirnya saya mengerti maksud dari bu nia, dia membimbing kita untuk bisa menjadi champion yang memiliki connection luas, dan mampu memberikan change. selesai dengan aktivitas kami pada hari itu, kami menuliskan vision statment agar ide sosial bisa terlaksana. Minggu depan akan dibahas mengenai workplan dari ide sosial yang dibuat.

Pengalaman serta makna pada hari itu begitu luas, Ami mengajarkan bagaimana agar selalu merasakan keadaan saudara saudara kita, dari merasakan timbul kepedulian dan menghasilkan tindakan yang mampu memberikan dampak sosial bagi lingkungan. Saya akan terus menggali bagaimana agar bisa memberikan kontribusi bagi negara kita tercinta ini dan memberikan kesempatan bagi anak untuk mendapatkan kesempatan pendidikan yang sama. Selagi masih muda gali terus hal hal yang bermanfaat serta jangan berkata kita "puas" karena jika kita mengatakan kita "puas" kita kan merasa cukup dan orang orang yang merasa cukup adalah orang yang rugi.

Wasallamualaikum Wr. Wb

Salam Sahabat Kerlip
Anisa Megawati

Tidak ada komentar:

Page Rank Check,
HTML Web Counter