Jumat, 26 Agustus 2011

PEMBENTUKAN SEKNAS KEMITRAAN UNTUK SAHABAT (SEKOLAH AMAN HAK ANAK BANGSA YANG BERMARTABAT)

Pada hari ini, Kamis, 25 Agustus 2011, pukul 16.30-18.30 WIB, bertempat di Sekretariat IA ITB Pusat Taman Patra II No 16 Jakarta Selatan, Kami dari Perkumpulan KerLiP, Paguyuban ITB88, IA ITB, SMile, BNPB, PLANAS PRB, Wamendiknas, WamenPU, Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) BK Sipil, PT ILMCI, PT TMI, BMP ITB, Perkumpulan SKALA, ASEAN Secretariat, dan perwakilan masyarakat bersepakat untuk membentuk Sekretariat Nasional (Seknas) Kemitraan untuk SAHABAT (Sekolah Aman Hak Anak Bangsa yang Bermartabat) dan menyatakan bahwa:

1. Jaminan hak anak atas keamanan, keselamatan dan kesehatan selama berada di sekolah merupakan tanggung jawab pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat.

2. Sekolah aman merupakan penguatan sekolah sehat dalam hal jaminan aman dari risiko bencana melalui berbagai upaya yang terencana dan sistematis.

3. Seknas Kemitraan untuk SAHABAT (sekolah Aman Hak Anak Bangsa yang bermartabat) berkomitmen untuk memperkuat TP UKS di semua tingkatan dan PLANAS PRB untuk memastikan adanya jaminan aman, selamat dan sehat bagi anak-anak bangsa di sekolah

4. Meningkatkan kerjasama yang saling memperkuat komitmen komunitas peduli pendidikan dan pemerintah dalam kampanye dan advokasi serta implementasi sekolah aman terutama dari risiko bencana.

5. Menetapkan agenda kampanye dan advokasi sekolah aman dalam rangkaian kegiatan bulan PRB sampai AMC DRR 2012 yang dikordinasikan oleh BNPB dan Planas PRB sebagai kegiatan prioritas tahun pertama Seknas Kemitraan untuk SAHABAT:

a. Daftar Kegiatan, tempat dan siapa yang melakukan terkait bulan PRB sampai AMCDRR 2012

b. Fokus kegiatan tahun pertama untuk sosialisasi dan advokasi Sekolah Aman dalam definisi khusus hasil rumusan Tim Teknis Sekolah Aman “Sekolah aman adalah sekolah yang menerapkan standar sarana dan prasarana yang mampu melindungi warga sekolah dan lingkungan disekitarnya dari bahaya bencana”

i. sekolah dibangun di lokasi aman

ii. struktur bangunan dapat tahan dari gempa

iii. dan adanya kesiapsiagaan menghadapi bencana

c. Persiapan workshop penerapan sekolah aman dalam rehabilitasi SD INPRES untuk para pengawas bangunan

6. Menetapkan Formatur

a. Larasati (IA ITB’85)

b. Tuti (IA ITB’85)

c. Muslim (Paguyuban ITB88)

d. Dian (Bali)

e. Yanti (KerLiP)

f. Rinsan (Pemerhati SafeSchool)

g. Zamzam (KerLiP)

h. Santo (ITB89)

i. Andri (PP IA ITB)

j. Widowati (KerLiP Jakarta)

k. Nurul Fitry Azizah (Smile-KerLiP)

l. Dede Sunarya (Smile-KerLiP)

m. Ervin (KerLiP Jakarta)

n. Rini (SKALA/PLANAS PRB)

o. Erie Vitria (ASEAN Secretariat)

p. Lingga (Pekerja Sosial)

q. Hakim (BMP)

Jakarta, 25 Agustus 2011

Atas nama Seknas Kemitraan untuk SAHABAT

(Sekolah Aman Hak Anak Bangsa yang Bermartabat)

ttd

Zamzam Muzaki

Kordinator Kampanye dan Advokasi KerLiP

081221766512

Tidak ada komentar: