Minggu, 13 Februari 2011

Capaian Kampanye dan advokasi budaya lanebih aman di pendidikan dan kesehat

Pencapaian

1. Kemediknas mengeluarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan Nasional No. 70a/SE/MPN/2010 tentang Pengarusutamaan Pengurangan Risiko Bencana di Sekolah.

2. MenkoKesra, Kemendiknas, Kemenkes, BNPB, UN-International Strategy for Disaster Reduction (ISDR), UNESCO dan Platform Nasional Pengurangan Resiko Bencana di Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan terhadap bencana di sekolah dan rumah sakit dalam launching kampanye sekolah dan rumah sakit aman di Jakarta pada tanggal 29 Juli 2009.

  1. Wamendiknas mencanangkan 1.000 sekolah aman dan menkokesra 1250 Sekolah Aman dalam Launching Kampanye sejuta sekolah dan Rumah Sakit Aman, tercatat ada 13000 sekolah yang diikrarkan aman di Indonesia sejak juli 2010 sampai sekarang
  2. Memasukan panduan teknis Sekolah Aman dalam program DAK bidang Pendidikan tahun 2011 sebesar 11 Triliun
  3. Menjadi Perumus Tim teknis panduan Sekolah Aman (definisi, mekanisme dan perangkat sekolah aman) bersama platform Nasional PRB, UNESCO, Direktorat SMK Kemendiknas, Plan Internasional yang dipimpin BNPB dan World Bank. Panduan teknis sekolah aman ini akan diintegrasikan dalam DAK pendidikan 2011 dan alokasi dana lain yang sesuai (mis. Dana Buffer untuk pebangunan RKB)
  4. Mendorong Surat Edaran Gubernur Jawa Barat untuk memasukan panduan teknis sekolah aman dalam pembangunan 3000 Ruang kelas baru dari APBD Jawa Barat 2011,
  5. Memakai panduan teknis sekolah aman dalam pembangunan 2000 ruang kelas baru dari forum CSR dan 1000 unit sekolah baru di Jawa barat

Hasil Penelusuran media

1. Indonesia pada hari Kamis (29/07) berjanji untuk meningkatkan keamanan bagi lebih dari 3,000 sekolah dan 100 rumah sakit sebagai bagian dari komitmennya untuk program PBB dalam memperkuat stuktur bangunan, dimana konstruksi yang buruk dapat menyebabkan angka kematian yang tinggi pada saat terjadi gempa bumi atau bencana lainnya.

  1. Kementerian Pendidikan Nasional menyatakan, seluruh pemerintah daerah diimbau menyelenggarakan penanggulangan bencana di sekolah di tengah kurangnya pengetahuan anak terhadap bencana alam

3. Pengetahuan pengurangan resiko bencana (PRB) segera dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan. Siswa mulai sekolah dasar (SD) sampai dengan sekolah menengah atas (SMA) akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang tepat untuk menyelamatkan diri saat terjadi bencana.

4. Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan keamanan sekolah dan rumah sakit dalam skema yang didukung PBB

5. Indonesia pada hari Kamis (29/07) berjanji untuk meningkatkan keamanan bagi lebih dari 3,000 sekolah dan 100 rumah sakit sebagai bagian dari komitmennya untuk program PBB dalam memperkuat stuktur bangunan, dimana konstruksi yang buruk dapat menyebabkan angka kematian yang tinggi pada saat terjadi gempa bumi atau bencana lainnya.

  1. PBB Puji Tekad Indonesia Bangun Sekolah yang Aman
  2. DIY Canangkan Satu Juta Sekolah dan Rumah Sakit Aman Bencana
  3. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai tahun ini ikut serta mencanangkan kampanye satu juta sekolah dan rumah sakit aman bencana.

9. Kegiatan Kampanye Berikrar-Aman di Jakarta dan Jawa Barat

  1. Setelah dilaunching pada tanggal 29 juli 2010 di YTKI Jakarta, PPLHB Kerlip dan Forum Komunikasi Penanggulangan Bencana (PB) Jawa Barat terus mengkampanyekan sejuta sekolah dan rumah sakit aman di Jawa Barat dan DKI Jakarta.
  2. Disiapkan, 1 Juta Sekolah Aman di Dunia.
  3. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Pendidikan Nasional akan bekerja sama membangun 1 juta unit sekolah aman atau sekolah antibencana.
  4. Depdiknas Berencana Ganti Sekolah di Yogya dan Jateng Jadi Tahan Gempa 6 SR
  5. Aceh Canangkan Kampanye Satu Juta Sekolah dan Rumah Sakit Aman Bencana
  6. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Pendidikan Nasional akan bekerja sama membangun 1 juta unit sekolah aman atau sekolah antibencana.
  7. Depdiknas Berencana Ganti Sekolah di Yogya dan Jateng Jadi Tahan Gempa 6 SR

17. Gubernur Bersama Bupati/Walikota Bangun 87 Puskesmas Poned Se-Jabar Dan 3000 RKB

Tidak ada komentar: