Sabtu, 01 Agustus 2009

Senangnya bermain sambil belajar ya












Hari ini, anak-anak menyiapkan 'bakar-bakar' an. Eit..jangan ngeri ya...Ini kegiatan bermain sambil belajar memasak setiap hari Sabtu. Minggu lalu Nita, Iyen dan Siti datang ke kamarku untuk minta urunan yang diperlukan untuk membeli ikan dan beras. Nita asyik menghaluskan bumbu, temannya (siapa ya..kok lupa namanya) asyik mencuci ikan. Bu Rusirajin dan senang hati menemani mereka bermain dan belajar. Ada saja ide untuk mengisi kegiatan bersama anak-anak di Pesantren KerLiP. Teman-teman bisa melihat kegiatan hari Sabtu minggu itu. Wita dan Tyas asyik bermain komputer ditemani Iyen yang senang membaca buku. Ada juga Icha, Ami dan Sarah yang bolak-balik menghafal lagu dalam film Enchanted kesukaan mereka setelah menunjukkan hasil karya mereka hari ini. Kegiatan malam dilakukan setelah nonton Sangkuriang yang ternyata sudah dilaksanakan jam 14 dan akan dilanjutkan hari Minggu jam 8. Ayo lihat asyiknya anak-anak menyiapkan ikan yang dibakar diatas bara arang. Zakky, Rayhan, Fitry, rafi, Rizky bermain jempol-jempolan. Entah bagaimana permainan itu dilakukan sampai mereka asyik berjam-jam sambil teriak-teriak kegirangan. Siti yang penuh inisiatif mengajak Icha, Ami, dan yang lainnya baris-berbaris sambil meneriakkan yel-yel 'anak KerLiP' ciptaan mereka. Seru dech! Apalagi waktu Om Dedi menebar nasi liwet diatas 2 ponggol daun pisang yang didapatkan dari bawah oleh Nita dan kawan-kawan. Alhamdulillah...nikmatnya menyerbu ikan bakar, tempe dan tahu bacem, sambal dan nasi liwet lezat buatan Bu Rusi.

Pesantren KerLiP ini terbuka untuk siapapun keluarga peduli pendidikan yang memiliki anak usia sekolah. Sengaja dipersiapkan DKM Ar Rohim, anak-anak Dago Elos dan Rumah KerLiP untuk anak-anak jalanan yang masih berusaha didekati Pak Timbul dan relawan KerLiP. Kegiatan keberagamaan dilaksanakan dalam bimbingan DKM Ar Rohim bersama Ustadz-Ustadz Hafidz Qur'an dan Pak Timbul. Kegiatan bermain dan belajar keterampilan hidup menjadi tanggung jawab Ova sebagai Kordinator Rumah KerLiP. Zamzam menjadi mediator untuk mengampanyekan dan mengadvokasi perlindungan hak anak dalam keluarga dan komunitas. Rencananya kami akan membuka Pesantren Keterampilan pada 10 hari terakhir Ramadhan tahun ini. Terbuka untuk komunitas lintas agama untuk bermain dan belajar keterampilan hidup berdampingan dalam sebuah komunitas yang adil dan beradab (learning to live together).

Kegiatan hari ini pasti tak kalah seru..
Anak-anak sepakat untuk nonton Ajian Semar yang digelar pelajar SMAN 19 Bandung di Taman Budaya setelah mengaji, lalu menyiapkan makan malam bersama di depan warung Barokah-nya Bu Rusi dan Om Dedi. Minggu lalu diakhiri dengan tidur beratapkan langit penuh bintang di halaman parkir Rumah KerLiP Dago Elos. Duh senangnya. Tunggu ceritanya ya..

Tidak ada komentar: