Selasa, 04 Agustus 2009

Anak-Anak yang Hebat













Siti dan Ami terlihat keluar dari kamar Fitry ketika aku sampai di rumah. Pagi ini aku kembali mengelilingi Taman Budaya menggunakan sepeda Zakky. Nampaknya kaki mulai terbiasa menggenjot sepeda naik turun 3 kali keliling Taman Budaya. Kuhirup segarnya udara pagi di kota kelahiranku. Zakky dan Rafi bergegas menyelesaikan pamflet untuk kegiatan Nisfu Sa'ban nanti malam. Ada beberapa lomba yang disiapkan bersama DKM Ar Rohim. Ba'da tahajjud dan shalat subu bersama, kami membicarakan kemajuan Pesantren KerLiP sambil mendengarkan Zakky dan Rafi bertukar hafalan Surat Yasin. Nenek yang selalu bersemangat menceritakan cucu tersayangnya yang baru bergabung dengan KerLiP mengikuti Yudi. Senangnya merangkul anak-anak kreatif ini. Tadi malam mereka memetik gitar masing-masing di teras Rumah KerLiP. Rupanya Yudi dan Nita sedang bersemangat menciptakan lagu-lagu baru terkait dengan kegiatan mereka sehari-hari di Pesantren KerLiP. Tyas, Endah dan Siti bahkan sudah mulai menulis narasi kegiatan harian mereka di komputer. Tulisan mereka akan meramaikan blog rumahkerlip.

Hari kemarin kegiatan di Pesantren KerLiP dimulai dengan jalan pagi menuju Taman Budaya. Aha! hari ini kita bisa kembali mengikuti Senam Jantung Sehat bersama ibu-ibu di pelataran parkir Taman Budaya. Iyen terlihat agak lemas hari ini. Meskipun demikian, dia satu-satunya yang setia mengikuti senam. Nita dan Yudi nongkrong dibawah pohon. Siti asyik memainkan HP nya. Icha berjalan kesana kemari di dekat Siti. Ami bersepada mengelilingi Siti dan Icha."Eh, Sarah kemana ya?" tanyaku. "Dibawa pulang Aa Zakky! Sarah tadi jatuh Bude!" seru Ami. Kali ini kita hanya mengikuti senam sampai latihan 1. Di jalan aku mampir membelikan pisang molen kegemaran anak-anak. Wuih...masih panas! baru diangkat dari minyak. Penjualnya ternyata orangtua Eki. Wah senangnya ya! Zakky berlari mengambilkan dompet dari rumah. Sesampainya di rumah Icha, Ami, aku, dan yang lainnya menikmati hidangan pisang molen panas sambil menunggu semuanya berkumpul di depan komputer.

RELAKSASI hari ini dimulai dengan evaluasi kegiatan sebulan di Pesantren KerLiP. Jalan pagi, ke masjid, senam, relaksasi, CACT, mendengarkan lagu bahasa Inggris, menggunakan komputer, daur ulang kertas, memasak setiap akhir pekan, bermain dan mengerjakan PR, memilah sampah masuk kedalam daftar kebiasaan di Pesantren KerLiP. Oh ya, kita membahas senangnya jatuh cinta lho! Ternyata anak-anak sudah punya TTM masing-masing. Ah mereka tumbuh lebih cepat dibanding angkatan orangtuanya ya.
Rencananya hari ini Iyen akan menyelesaikan CACT elektrolisa air. Kutemani Iyen membuka buku Fisika Haliday Resnick. Ternyata tidak ditemukan. Akhirnya kita mencari sumber dari internet. Aha! ada gambar yang sama dengan alat electrolizer dari Oxy!. Iyen terlihat antusias. Zakky dan Yudi mencari linggis untuk menyelesaikan CACT Lubang Resapan Biopori. Oh ya, Yudi baru bergabung semalam sebelumnya. Dia sangat kreatif. Adiknya Nita terlihat sangat bangga dengan keahlian Yudi memetik gitar, menabuh drum dan menciptakan lagu. Nita mulai asyik menciptakan lagu tentang KerLiP sambil menggoda Yudi untuk terlibat dalam kegiatan Peringatan HUT RI 2009. Ya..rencana peringatan HUT RI sudah makin terfokus. Anak-anak sepakat menyusun kepanitiaan dan agenda acara. Kabaret yang sedang mereka rancang, beberapa lomba hasil kreasi anak-anak, band The Accord-nya Yudi akan menyemarakkan kegiatan Peringatan HUT RI tahun 2009 ini di depan Rumah KerLiP.

Kebetulan sekali, keponakanku Ricky datang semalam. Ayahnya membelikan seperangkat alat musik yang mungkin bisa dipinjam untuk kegiatan disini. Pagi ini, Iyen dan Siti mulai menyelesaikan daftar barang kebutuhan lomba dan rencana unbtuk mengedarkan sumbangan ke warga melalui Pak RT.
Oh ya, selain membuat 3 buah Lubang Resapan Biopori, Zakky dan Yudi didampingi Om Dedi memanfaatkan limbah Aqua untuk pot tanaman. Keahlian Om Dedi di pertukangan sangat membantu. Lihat saja kreasi taman dinding buatan mereka.
Zakky dan Yudi juga melanjutkan CACT perubahan kimia dan fisika. Mereka mulai dengan mencari sumber dari e-book SMP kemudian difasilitasi dalam diskusi terfokus bersama Ova dan Zamzam. Kegiatan Fitry membuat kue di dapur menjadi obyek pengamatan mereka. Zakky mulai memilah proses yang termasuk perubahan kimia dan fisika. Es batu di dalam kulkas, obrolan malam minggu saat potongan kertas dibakar, lilin meleleh, perubahan yang terjadi pada bahan-bahan kue buatan Fitry sampai makna dari perubahan itu sendiri.
"Ibu, ternyata pilihan Aa untuk mendalami IPA sudah tepat!" seru Zakky tertahan sambil menghampiriku. "Om Zamzam membuat Zakky ikut penasaran tentang posisi bayangan benda saat dia bergerak secepat kecepatan cahaya" tambahnya lagi. Duh senangnya melihat matanya yang berbinar-binar menemukan Aha untuk IPA yang diminatinya. Jika belajar sudah beranjak dari semangat berpengetahuan yang luar biasa seperti ini, kita hanya perlu menemaninya menggali pengetahuan lebih dalam sebesar-besarnya demi kepentingan terbaik anak-anak pemilik masa depan bangsa ini. Alhamdulillah...anak-anak yang hebat ini baru saja menunjukkan print out daftar untuk keperluan Peringatan HUT RI. Mereka mulai menyiapkan surat pengantarnya. Sebentar lagi berbagai kegiatan menarik lainnya siap dilaksanakan, disampaikan didiskusikan, dinarasikan dan dievaluasi bersama. RELAKSASI yang menyenangkan dan membanggakan bersama anak-anak yang hebat ya.

AYo bagi yang mau bergabung datang saja ke Dago Elos V No 423. Bagi teman-teman yang senang berkahir pekan di Bandung bisa tinggal bersama anak-anak hebat ini. Bermain dan belajar bersama. Biasanya setiap Sabtu anak-anak urunan untuk memasak, lalu pergi mengapresiasi seni Jawa Barat di Taman Budaya, menyantap masakan kreasi bersama, tidur berataspkan bintang, bangun tahajjud bagi yang muslim di Masjid Ar Rohim, Subuh dan Hafizh Qur'an sebelum jalan pagi keliling Bandung Utara. Siangnya pasti ada kegiatan menarik yang dirancang bersama untuk Go Green...

Tidak ada komentar: