Rabu, 22 Juli 2009

Bareng-bareng Bikin Jadwal

Pendampingan Rumah KerLiP
Dago Elos, 22 Juli 2009

Hari ini pembelajaran dilakukan di Dago Elos, karena kita akan membuat rencana bareng teman-teman yang ikut Pesantren Homeschooling, sekalian menyesuaikan jadwal gitu.

Pada pertemuan kali ini ada Saya (Ova), Fitry, Zamzam, Bu Yanti. Temen-temen dari sekepicung Nurjannah, Elis, Siti Maryam, Siti Aisyah, Rahman, Hardi dan temen2 Pesantren Homeschooling Abi, Kiki, Zaky, Iyen, Icha dan Icha (yang namanya Icha ada 2 orang) Wita, Ami, dan Sarah.

Yuk, kita kenalan. Dipandu oleh Bu Yanti setiap orang mengenalkan diri lalu menepuk bahu sambil mengatakan nama orang yang ada di samping kanannya. Tidak berhenti sampai disitu, setelah semua orang mengetahui nama teman-temannya maka permainan yang kedua adalah setiap orang menyebut namanya masing-masing lalu menyebut nama teman-teman di sebelah kiri yang telah lebih dahulu menyebutkan namanya. Hitung-hitung sambil menghafal, karena saya adalah orang yang terakhir jadi saya menyebut banyak nama orang yang lebih dahulu mengenalkan dirinya.

Setelah itu, setelah semua kenal, kami memulai untuk coba mengingat dan mengulang apa-apa saja yang telah kami pelajari. Kata Hardi, dia telah belajar dasar-dasar elektronikan dengan mengenal komponen-komponen radio. Berbeda dari Hardi, Iyen sudah memulai CACT, lubang resapan biopori. Lalu, Abi dan Zakky belajar tentang Tangkuban Perahu. Beragam sekali, lalu Bu Yanti mengingatkan untuk yang mengikuti Paket Kesetaraan juga mempelajari keterampilan.

Keterampilan apa saja ya... Pekan kemarin temen-temen di rumah kerlip sekepicung sudah menentukan keterampilan apa saja yang akan dipelajari, yaitu Landscaping, Elektronika, Bikin Kue, Sastra, dan Daur Ulang. Nah, sekarang kita harus membuat kesepakatan bersama temn-teman di Dago Elos (Pesantren Homeschooling) untuk menentukan jadwal belajar dan mungkin saja ada tambahan keterampilan yang diusulkan oleh teman-teman Dago Elos.

Hasil kesepakatan kita adalah.....
1. Keterampilan yang akan dipelajari : Daur Ulang, Sastra, Elektronika, Landscaping, Komputer dan Tata Boga
2. Teman-teman juga rupanya ingin mempersiapkan untuk ujian nanti, maka akan ada Bimbingan Belajar.
3. Kita juga akan belajar percakapan dalam bahasa inggris, fasilitatornya ga tanggung-tanggung langsung didatangkan dari UI depok.

Trus Jadwalnya...
Daur ulang : Setiap hari Pk. 09.30 di Dago Elos
Sastra : Tiap Senin Pk. 14.00 di Dago Elos
Elektronika : Tiap Sabtu Pk. 13.00 – 14.30 di Rumah Bu Dewi Sekepicung Dago Atas
Landscaping : Tiap Selasa Pk13.00 di Sekepicung Dago Atas
Komputer : Tiap Rabu dan Jumat Pk. 13.00 di Dago Elos
Tata Boga : Tiap Minggu Di Dago Elos

Tidak ada komentar: