Rabu, 06 Mei 2009

Narasi Pendampingan Rumah KerLiP Cibacang

Sekepicung, 1 Mei 2009
Hari ini, saya kembali melakukan pendampingan di Sekepicung setelah hampir seminggu saya mesti istirahat di rumah karena sakit. Bersama Ova dan Zamzam, saya memandu warga belajar untuk memetakan kebutuhan belajar mereka. Saya membuka kegiatan dengan salam dan sebuah review. Selanjutnya, kegiatan dipandu Zamzam.
Di awal, Zamzam meminta warga belajar menuliskan kondisi impian mereka 1-2 tahun ke depan di selembar karton kecil dan ditempel di papan tulis. Setelah itu, warga belajar menuliskan tahapan-tahapan pencapaian target tersebut.
Satu-persatu warga belajar menyampaikan target dan tahapan pencapaiannya. Dimulai dengan Trisna yang tertarik untuk mendalami seni kaligrafi. Ia menargetkan satu tahun ke depan akan mempunyai tempat sendiri sebagai galeri untuk memamerkan hasil-hasil karyanya. Cita-cita hampir serupa dengan Nur yang mempunyai minat yang sama terhadap seni kaligrafi. Sementara itu meski mempunyai minat yang sama, Aisyah mempunyai harapan, satu tahun ke depan ia dapat mengajarkan ilmu kaligrafinya kepada orang lain.
Berbeda dengan tiga orang warga belajar di atas, Elis dan Ita mempunyai ketertarikan kepada sastra. Keduanya menargetkan diri setahun ke depan telah banyak mengirimkan hasil karyanya ke majalah, Koran atau penerbit hingg keduanya dapat menuliskan semua karyanya dalam sebuah buku.
Sementara itu, Nurhayati atau akrab dipanggil Nuy, tertarik untuk membuat manga atau gambar komik Jepang. Nuy menargetkan untuk menerbitkan hasil karyanya. Sebelumnya, ia merasa butuh untuk kursus secara khusus.
Selanjutnya, secara bergantian, Agus ‘Itok’ dan Ema menyampaikan targetnya yang mempunyai minat yang hampir sama di bidang lansdscaping atau pembuatan taman. Meski agak malu-malu, keduanya mempunyai keinginan untuk menggapai cita-citanya tersebut.
Meski sebagian warga belajar sempat kebingungan untuk menulis dan menjelaskan target dan tahapan pencapaiannya, akhirnya semuanya dapat menulis dan menempelkan target dan tahapan pencapaian di papan tulis. Pada pertemuan selanjutnya diharapkan semua warga belajar dapat merumuskan tahapan-tahapan pencapaian target tersebut ke dalam fase-fase belajar.
Setelah semua warga belajar menempelkan target dan tahapan pencapaiannya, Zamzam menyerahkan acara kembali kepada saya. Saya menutup kegiatan hari ini dengan refleksi seluruh kegiatan hari ini.
Ijul gt lo

Tidak ada komentar: