Rabu, 13 Mei 2009

Sekepicung, 8 Mei 2009

Seharian ini cuaca di Bandung agak kurang bersahabat. Sejak pagi mendung menaungi langit, dan hujan mulai turun cukup deras pada tengah hari. Hampir saja saya tidak bisa melakukan pendampingan karena hujan terus mengguyur jalanan Bandung dengan derasnya. Akhirnya dengan agak susah payah, saya sampai juga di rumah Pak Lala, tempat kami melakukan pembelajaran.
Dalam pendampingan hari ini, saya ditemani Wika dan Indri. Kebetulan Ova berhalangan hadir. Setelah saya membuka kegiatan, Indri memandu warga belajar untuk mempelajari Bahasa Inggris. Materi yang disampaikan oleh Indri hari ini adalah listening dan spelling.
Indri membawakan materi dengan sebuah game yang dinamakan Pesan Berantai. Warga belajar dibagi menjadi dua kelompok. Seorang diujung akan menyampaikan sebuah kalimat bahasa Inggris kepada orang di dekatnya, yang terus menyampaikannya secara berantai sampai seorang yang dekat papan tulis dan menuliskan kalimat tersebut. Meski sebagian besar warga belajar merasa kesulitan dengan materi ini, terbukti dengan masih banyaknya terjadi kesalahan dalam penulisan kalimat-kalimat berbahasa Inggris. Tetapi, justeru hal inilah yang membuat kegiatan hari ini menjadi riuh.
Setelah game Pesan Berantai yang mencoba melatih listening warga belajar, Indri memandu warga belajar untuk mendalami spelling. Dengan game yang serupa, warga belajar mengikuti dengan cukup antusias. Meski seringkali Indri mesti mengeja dan menjelaskan kata-perkata, tetap saja kegiatan ini menarik dan mengasyikkan.
Sampailah kami di penghujung kegiatan. Saya menutup kegiatan dengan sedikit review dan beberapa catatan.

Tidak ada komentar: