Selasa, 18 November 2008

Kampung Jawa, 18 November 2008

RUMAH KERLIP hari ini.
Kami berangkat bersama-sama pukul 14:00 dan sampai di Kampung Jawa 20 menit kemudian. Sudah ada 15 anak yang menunggu karena kali ini lokasi belajar kita pindah ke pendopo di bagian atas karena banyaknya anak membuat rumah Ibu Nur menjadi terasa sempit. Lumayan juga, udara lebih sejuk dan rupanya lebih mudah menarik minat anak-anak lain yang hari ini masih melirik-lirik kegiatan kami.
Hari ini acara utamanya adalah belajar menggambar yang dibawakan oleh Kak Aga. Acara diawali dengan diskusi tentang kesukaan membuat komik. Ternyata kebanyakan anak menjawab memulai dengan menggambar. Kak Aga langsung memakai kesempatan ini untuk masuk ke materi yang akan dibawakannya. Menggambar komik.
Awalnya Kak Aga mengajak warga belajar membuat lingkaran dulu. Jangan takut katanya. Lalu membuat kotak dan garis. Eh ternyata itu awal untuk membuat wajah. Anak-anak dengan asyik mencoba membuat wajah ala mereka sendiri.
Tidak terasa satu setengah jam sudah berlalu tapi anak-anak belum mau pulang dan membubarkan diri. Mereka masih ingin belajar! Luar biasa! Mereka minta belajar IPA tentang konduktor dan isolator. Oke… Yuk belajar itu. Tapi saat hendak digali… ternyata mereka sudah paham benar kedua materi tersebut karena sudah diajarkan di sekolah. Hmm jadi penasaran…kurasa mereka ingin membuktikan bahwa mereka anak-anak pintar… Bravo!
Lalu kami membubarkan diri dan pulang.
Di perjalanan saya bertemu dengan Pak Ustadz, pengelola pendopo tempat kami belajar. Ternyata kelompok beliau dan KerLiP memiliki visi yang sama. Saya menawarkan untuk dilakukan kerja sama antara KerLiP dengan yayasan beliau. Beliau menyambut baik, bahkan meminta KerLiP khusus menangani divisi pendidikan guna memajukan anak-anak di Kampung Jawa. Tentu kerLiP menerima itu dengan senang hati. Kami berjanji akan bertemu dan mematangkan pembicaraan usai tanggal 22 karena beliau ada acara besar yang harus dipersiapkan.
Hmmmmm…. Banyak mimpi besar dan kerja besar.
Jangan lupa…berikutnya adalah Bantar Gebang dan Kelompok Mentari di Bandung.
Wait for us guys…
Lovely KerLip

Tidak ada komentar: