Sabtu, 25 Februari 2012

narasi Devita sahabat @KerLiP

25 Februari 2012
Tahukah kalian Siapa Duta Sanitasi Jawa Barat?
AMILIA AGUSTIN
Gadis remaja yang duduk di bangku kelas 1 SMA 11 Bandung ini adalah duta sanitasi Jawa Barat loh? Percaya? Dia menyandang predikat ini saat usianya masih belia ketika Ia SMP. Kiprahnya dimulai saat usianya menginjak 14 tahun. Ih wow bukan? Sahabat kerlip yuk simak ulasan singkat sang pahawan kecil ini.
Suatu kebanggaan dan kekaguman pribadi, ketika dapat menjumpai perangai cantik gadis ini. Betapa tidak? Jika saya dulu mengenalnya melalui media televisi kini dia dihadapan mata saya. Dia sang pembawa perubahan bagi orang-orang di sekitarnya membuat gebrakan di dunia lingkungan. Awalnya dia melihat banyak sampah yang terabaikan bahkan tidak ada yang memperhatikan. Namun baginya sampah itu dapat disulap menjadi aneka kreativitas yang menjanjikan bagi orang yang kehilangan lapangan pekerjaan. Dengan keberaniannya mencoba hal yang baru,awalnya merasakan apa yang ada di sekitarnya lantas melakukan. Dia mencoba memilah sampah mana yang bisa di manfaatkan, setelah memilah ampah yang organik bisa di manfaatkan untuk pupuk organik, sedangkan non organik di jadikan bahan kerajinan yang mampu meraup pundi-pundi rupiah. Tidaklah mudah memang namun berkat sikap konsistennnya ia mampu menunjukan bahwa ia bisa membuat perubahan. Melalui aksinya ini ia mencoba menyumbangkan hasil dari kerajinan sampahnya tadi untuk membelikan mesin jahit pada tetangga di sekitar sekolahnya agar bisa di manfaatkan sebagai alat produksi kerajinan dari sampah.
Satu hal yang membuat saya tertegun merinding dari seorang Ami, ia bergerak maju mulai sesuatu yang kecil namun menjadi perubahan yang besar. Dan yang terpenting katanya ‘ Belive and Do it! ‘
Mau tahu 3 hal tentang Ami yang membuatnya hingga seperti ini? 1.Team, baginya keberhasilannya tidak terlepas dari kerja team, bahkan idepun juga berasal dari sumbangasih teman-temannya. ‘Ide itu mahal?’ tuturnya. 2. Konsisten, Menurutnya suatu pekerjaan jika tidak ada sebuah konsisten tidak akan tercapai dengan optimal. Dan yan 3. Jejaring , Maksudnya dengan berinteraksi dia bisa bertanya tentang apa kekurangan dari aksi yang di tekuni, selain itu jejaring juga memudahkan ami dalam bergerak mencari lahan yang baik untuk memudahkan proyeknya secara berkelanjutan.
Petikan motivasi darinya ialah kata-kataBung Karno bahwa ‘ Seribu orang tua hanya bisa bermimpi, namun satu pemuda mampu membawa perubahan.’ Setelah sukses dengan mimpinya, ia kembali membuat gagasan membuat (komunitas bandung bercerita) dan wujud nyatanya ialah melalui Roadshow sedangkan sasarannya adalah anak SD. Semoga niatmu berbuah manis Ami, jikalau saya bisa menjadi peran yang dapat mewujudkan aksimu pastilah saya mau. Terus berfikir kreatif dan cintai apa yang kamu kerjakan percayalah ALLAH senantiasa memberimu kemudahan :D
KEBAHAGIAAN ADA DI TANGAN KITA , JIKA BUKAN KITA YANG BUKAN BERGERAK, LANTAS SIAPA?


Devita Murni

Tidak ada komentar: