Kamis, 26 Februari 2009

perjalanan homeschooling KerLiP (1)

"Hai sayang! Belajar apa hari ini? Mau ibu temani?"
"Ngga ada PR koq!"
"hmmm...bagaimana kalau kita belajar menyaring air? Siapa tahu masih ada yang tersisa disana."
"Malas ah...capek banget nih!"

Obrolan ini terus berulang sejak minggu pertama Zakky belajar di sekolah barunya. Tahun 2005 kami pindah ke Jakarta untuk be'rumah' tangga seutuhnya. Miris menyaksikan anakku yang penuh inisiatif dan sangat menikmati indahnya dunia belajar, perlaha-lahan berubah. Tidak ada lagi kejutan-kejutan manis yang ditemukannya setiap hari. Dulu, cara semut berjalan beriringan, desir angin, gigi palsu yang dipakai tetangga dan banyak hal kecil lainnya menjadi sumber inspirasi bagi anak-anak kami untuk belajar bersama. Kerinduaqn inilah yang mendorongku untuk mengambil Zakky dari sekolah dan menggodanya untuk menjalankan homeschooling. Awalnya, kami menempatkan SD Hikmah Teladan sebagai sekolah penyangga. Beberapa keluarga yang membaca tentang SD Hikmah Teladan di HU Kompas pun mulai bergabung untuk merintis model implementasi pendidikan anak merdeka. Bersama ARMY family kami merintis dan mengembangkan homeschooling KerLiP sejak 22 Januari 2006.

Teman-teman guru dan Litbang dari SD Hikmah Teladan membantu kami untuk memastikan anak-anak mendapatkan pendidikan yang memerdekakan. Hampir setiap akhir pekan, Zakky bersama Arie dan Rini pergi ke Bandung untuk mengikuti Sekolah Akhir Pekan di SD Hikmah Teladan. Namun sejak ARMY family memutuskan pindah ke Cimahi agar Arie dan Rinie bisa masuk SD Hikmah Teladan, Zakky pun lebih banyak di jakarta. Inilah yang mendorong dirintisnya homeschooling KerLiP.

Perjalanan ke PP IPTEK menjadi sumber inspirasi awal bagi Zakky untuk memahami sejarah tokoh-tokoh Sains dan Teknologi. Sejarah menjadi titik awal keluarga kami merintis model implementasi pendidikan anak merdeka berbasis keluarga. Dari sejarah tokoh dan kejayaan di masa lalu, kami berharap Zakky dapat menemukan model belajar yang khas bagi dirinya untuk mencatatkan sejarah hidupnya sendiri.

Tidak ada komentar: